Jumat, 18 November 2016

Penyebab dan cara mengatasi biang keringat

    Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit.

  
Kondisi yang menyebabkan biang keringat
    Biang keringat disebabkan oleh keringat yang terjebak dibalik kulit akibat kelenjar keringat tubuh terhambat sehingga keringat tidak menguap. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menghambat kelenjar keringat tubuh yaitu :

   Iklim tropis
       Kemunculan biang keringat bisa disebabkan oleh cuaca atau suhu lingkungan yang panas          dan lembab.

   Kepanasan
       Penggunaan pakaian yang terlalu tebal, atau tidur dengan selimut yang berlebihan dan                menyebabkan kepanasan juga bisa beresiko mengalami biang keringat.

   Aktivitas fisik tertentu

       Olahraga dan juga pekerjaan yang memerlukan aktivitas fisik yang berat hingga                            menyebabkan keluarnya banyak keringat juga bisa menyebabkan terjadinya biang keringat.

   Kelenjar keringat belum berkembang
       Khusus biang keringat lebih mudah terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang sedang                dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas, atom mengalami demam.

Langkah-langkah untuk mengatasi biang keringat
    Meski biang keringat bukan kondisi yang serius, Tidak ada salahnya untuk diatasi sesegera mungkin. Kondisi ini bisa ditangani sendiri di rumah dengan langkah-langkah sederhana, seperti berikut ini : 

   Menghindari panas berlebih di tempat yang lembap
       Pajanan terhadap panas membuat anda lebih banyak berkeringat dan membuat ruam makin    parah. Pastikan lebih sering berteduh atau mencari tempat dingin untuk menghindari panas.        Minum banyak cairan yang terhindar dari dehidrasi.

   Menjaga kulit Tetap dingin
       Untuk menurunkan keringat dan menjaga kulit Tetap dingin, berendam atau mandi bisa            membantu menjadikan tubuh terasa sejuk dan menghindari keringat berlebih.

   Pakaian yang longgar
       Hindari menggunakan pakaian yang terbuat dari sintetis. Band-band ini lebih menyerap            panas dan membuat anda makin banyak berkeringat.

   Mengonsumsi obat antihistamin
       Obat antihistamin berguna meredakan gatal gatal pada kulit. Pastikan untuk menanyakan          kepada dokter apakah cocok untuk mengonsumsi obat ini.

   Penggunaan krim hidrokortison
       Krim ini sangat efektif mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal-gatal dan iritasi. Tapi          jangan gunakan pada bagian wajah dan selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

   Memakai losion calamine
       Lotion ini bisa dibeli secara bebas di toko toko obat terdekat untuk membantu meredakan          kulit yang sakit atau mengalami iritasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar