Kamis, 17 November 2016

Cara menghindari narkoba

    Mungkin anda orang yang kecanduan narkoba, Anda bisa membaca artikel yang ada di bawah ini.


    Berikut artikel cara menghindari narkoba:

Selektif dalam pergaulan
    Pergaulan yang salah bisa menyebabkan kita terperosok sehingga kita harus berhati-hati dengan teman-teman kita sendiri. Kita pun harus berani mengatakan tidak pada narkoba serta meninggalkan kawan-kawan kita yang dapat merusak kita. Carilah teman yang baru jika teman yang lama hanya berupaya menjerumuskan kita ke lubang yang dalam.

Memperkuat pertahanan spiritual
    Agar remaja tidak mudah terpengaruh oleh ajakan atau bujukan kawan dan mampu mengatasi rasa keingintahuannya, maka remaja harus meningkatkan spiritual nya. Spiritualitas adalah kondisi jiwa yang senantiasa diarahkan pada Allah SWT. Untuk meningkatkan spiritual, remaja harus mengamalkan ajaran-ajaran hidup Islam secara Kaffah.

Jangan pernah mencoba
    Kesalahan terbesar semua remaja pengguna narkoba adalah mereka pernah mencoba. Sekali Anda mencoba, anda telah menjadi pengguna dan akan kecanduan. Anda tidak akan pernah menjadi pecandu narkoba jika anda tidak pernah mencoba. Oleh karena itu jangan pernah mencoba sekalipun menggunakan narkoba.

Memiliki hobi dan aktivitas positif
    Istilah masa remaja yang penuh antusiasme dengan melakukan hobi yang positif misalnya dengan cara berolahraga, meluki,s menulis, dan lain sebagainya. Hal ini selain meningkatkan keterampilan, suka membatasi lingkungan pergaulan pada orang-orang yang memiliki ide dan kreasi yang positif pula.

Berpikirlah jangka panjang
    Remaja harus memiliki pandangan yang luas dan berwawasan ke depan. Iya harus mampu memikirkan semua perbuatannya, Apa dampak positif dan negatifnya, jika suatu perbuatan akan mendatangkan dampak negatif, makanya harus menjauhinya. Dalam hal narkoba jelas dampak negatifnya sangat banyak, karena itu kita tidak ada pilihan lain bagi remaja kecuali menjauhinya.

Teringat lah masa depan
    Menyalahgunakan narkoba dapat menghancurkan masa depan. Orang yang kecanduan narkoba tidak dapat berpikir sehingga tidak dapat berbuat apa-apa. Hari ini akan menghancurkan masa depan. Orang yang kecanduan narkoba cenderung memiliki perilaku kriminal karena ia tidak mungkin dapat belajar, bersekolah, atau bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar